• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Noorma Putri Setiaji 120210204036-1.pdf (2.771Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    Setiaji, Noorma Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SDN Rambigundam 01 Jember terhitung pada tanggal 14 Desember 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental atau eksperimental sebenarnya dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 01 Jember. Penentuan kelas mana yang akan dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen, terlebih dahulu peneliti melakuka omogenitas terhadap populasi k menentukan tingkat kemampuan a. Hasil perhitunga as menunjuk harga selanjutnya harga b. harga 40 pada taraf signifikansi 5%. Nilai memiliki harga 2, 011. Hasil tersebut membuktikan bahwa < 2,011 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Tindak lanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen, observasi, wawancara tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan po yang dianalisis dan rumus uji-t. Hasil perhit dengan harga ini kemudian dibanding dengan fikansi 5% sehingga diperoleh = 2,0. Diperoleh 2,0168), dengan demikian hipotesis nihil (yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember. Model cooperative learning tipe STAD ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu cara dalam hal penyampaian materi khususnya pada proses pembelajaran di sekolah mata pelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76271
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository