PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A1 DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF DI TK JEMBER PERMAI 1 KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Abstract
Kemampuan mengenal bentuk geometri merupakan kemampuan berfikir anak untuk mengamati benda di sekelilingnya yang mempunyai bentuk sama dengan benda lainnya. Pembelajaran mengenal bentuk geometri bertujuan untuk mengajarkan pada anak tentang mengenal benda-benda yang ada disekitarnya, menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya melalui berbagai hasil karya dan juga bertujuan untuk mencerminkan sikap kreatif anak. Kenyataannya berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan, guru masih menggunakan metode pembelajaran tanya jawab dan ceramah, pada proses pembelajaran di kelas guru juga masih berfokus pada pemberian tugas yang ada di dalam majalah yang mengakibatkan hasil belajar anak belum optimal.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan metode bermain konstruktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakan penerapan bermain konstruktif dalam meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015 / 2016?; dan 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri melalui bermain konstruktif di TK Jember Permai 1
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri melalui penerapan bermain konstruktif di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016; dan 2) meningkatkan kemampuan anak kelompok A1 dalam mengenal bentuk geometri setelah diterapkan bermain konstruktif di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A1 yang berjumlah 19 anak yang terdiri atas 12 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Hopkins. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif.