Show simple item record

dc.contributor.advisorNa‟im, Mohamad
dc.contributor.advisorSwastika, Kayan
dc.contributor.authorYuliati, Evie Eka
dc.date.accessioned2016-08-10T07:00:17Z
dc.date.available2016-08-10T07:00:17Z
dc.date.issued2016-08-10
dc.identifier.nim120210302105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76260
dc.description.abstractPerubahan kebijakan pemerintah dalam kurikulum pendidikan di Indonesia mendorong perubahan dari paradigma lama yang menempatkan pendidik sebagai pusat belajar (teacher centered) ke paradigma baru yang berfokus kepada peserta didik (student centered). Faktanya pembelajaran sejarah di lapangan masih berpusat pada pendidik sedangkan peserta didik didik saat pembelajaran cenderung pasif dan tidak mampu berpikir secara analisis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan merubah gaya mengajar pendidik dengan menggunakan model pembelajaran Prediction Guide dan Isu Kontroversial. Model pembelajaran Prediction Guide memfasilitasi peserta didik untuk turut serta secara aktif mengungkapkan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pembelajaran. Sedangkan pembelajaran menggunakan isu kontroversial secara langsung menyebabkan peserta didik berbeda pendapat. Perbedaan pendapat dapat melatih peserta didik untuk lebih berpikir kritis yang nantinya akan menimbulkan perbedaan pemikiran, dan menjadikan peserta didik lebih aktif bertanya, menjawab ataupun berpendapat. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembeajaran prediction guide dan isu kontroversial dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Tangul tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran prediction guide dan isu kontroversial pada peserta didik kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 2 Tangul tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tanggul, dengan jumlah 30 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumenter.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDEen_US
dc.subjectMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE DAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMAN 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record