dc.description.abstract | Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intelegensi dan task
commitment baik secara parsial (individu) atupun bersama-sama memilki
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis
regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi yaitu:
Y = -30,575 + 1,140X1 + 0,288X2 + ei
Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi dapat diketahui
bahwa variabel intelegensi memiliki sumbangan pengaruh sebesar 5,6%, variabel
task commitment 3,1%, dan variabel intelegensi dan task commitment secara
bersama-sama memiliki sumbangan pengaruh sebesar 7,8%, sedangkan sisanya
yaitu 92,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti, faktor jasmani, faktor kebiasaan,
sikap, minat, faktor kematangan fisik dan faktor lingkungan. Dari hasil analisis
tersebut dapat diketahui bahwa variabel intelegensi memiliki pengaruh yang lebih
dominan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII Man 1 Jember.
Saran yang dapat diberikan kepada pihak sekolah yaitu meskipun
intelegensi lebih berpengaruh, namun ada baiknya jika guru juga memperhatikan
task commitment siswa, karena task commitment juga memilki pengaruh yang
baik bagi hasil belajar matematiaka siswa. Pengelompokan siswa dalam satu kelas
berdasarkan nilai tes IQ juga dapat digunakan sebagai alternatif cara agar siswa
dalam satu kelas memilki kemampuan yang sama sehingga guru lebih mudah
dalam menetapkan metode mengajar. Bagi penelitian selanjutnya alangkah
baiknya jika sampel diperluas dengan melibatkan beberapa sekolah, agar hasil
yang diperoleh lebih signifikan. | en_US |