• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KECERDASAN INTELEGENSI DAN TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MAN 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Diana Mufidah - 120210101097 -1.pdf (3.874Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    MUFIDAH, Diana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intelegensi dan task commitment baik secara parsial (individu) atupun bersama-sama memilki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi yaitu: Y = -30,575 + 1,140X1 + 0,288X2 + ei Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel intelegensi memiliki sumbangan pengaruh sebesar 5,6%, variabel task commitment 3,1%, dan variabel intelegensi dan task commitment secara bersama-sama memiliki sumbangan pengaruh sebesar 7,8%, sedangkan sisanya yaitu 92,2% dipengaruhi oleh faktor lain seperti, faktor jasmani, faktor kebiasaan, sikap, minat, faktor kematangan fisik dan faktor lingkungan. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa variabel intelegensi memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII Man 1 Jember. Saran yang dapat diberikan kepada pihak sekolah yaitu meskipun intelegensi lebih berpengaruh, namun ada baiknya jika guru juga memperhatikan task commitment siswa, karena task commitment juga memilki pengaruh yang baik bagi hasil belajar matematiaka siswa. Pengelompokan siswa dalam satu kelas berdasarkan nilai tes IQ juga dapat digunakan sebagai alternatif cara agar siswa dalam satu kelas memilki kemampuan yang sama sehingga guru lebih mudah dalam menetapkan metode mengajar. Bagi penelitian selanjutnya alangkah baiknya jika sampel diperluas dengan melibatkan beberapa sekolah, agar hasil yang diperoleh lebih signifikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76198
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository