Show simple item record

dc.contributor.advisorYayuk Mardiati
dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriyah
dc.contributor.authorM Azhari Ryan Kusuma, Yayuk Mardiati, Chumi Zahroul Fitriyah
dc.contributor.authorM Azhari Ryan Kusuma
dc.contributor.authorYayuk Mardiati
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah
dc.date.accessioned2016-08-10T01:57:58Z
dc.date.available2016-08-10T01:57:58Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76154
dc.description.abstractPerkembangan mata pelajaran IPS di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu, mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan yang paling utama mengembangkan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Dalam pembelajaran IPS guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan pada pelaksanaan kurikulum KTSP. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan sempel penelitian berjumlah 81 siswa. Adapun tempat penelitian ditentukan secara sengaja yaitu di SDN Kepatihan 06 Jember pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi.pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model open-ended learning berbantuan media gambar dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 23 November sampai 2 Desember 2015. Menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui seragam (homogen) tidaknya tingkat kemampuan awal siswa. Hasil penelitian menunjukkan harga yaitu t hitung= 3,425, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan db = 79 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga t tabel= 1,994. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,425 > 1,994, dengan demikian hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Menurut hasil analisis tersebut maka ada pengaruh yang signifikan penerapan model open-ended learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel open-ended learning, media gambar, hasil belajar, penelitian eksperimen.en_US
dc.titlePengaruh Model Open-Ended Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kesehatan di SDN Kepatihan 06 Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record