PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 1 JENGGAWAH JEMBER
Abstract
Berkualitasnya hasil pendidikan ditunjukkan oleh tingkat hasil belajar siswa
yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi
hasil belajar yaitu faktor internal salah satunya adalah motivasi dan faktor eksternal
salah satunya adalah guru dan bahan ajar. Bahan ajar yang monoton menyebabkan
siswa merasa bosan mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran
menjadi tidak efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan guru kurang mengembangkan
kreativitas mereka dalam merencanakan, menyiapkan dan membuat bahan ajar
inovatif secara matang yang kaya akan inovasi sehingga dapat menarik motivasi
siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar. Oleh sebab itu diperlukan
adanya pengembangan LKS yang sesuai dengan kebutuhan siswa.