• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALISATION) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI 1 JENGGAWAH TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    MOHAMAD BUDI UTOMO.odt (289.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Mohamad Budi Utomo, Mohamad Na'im, Sumardi
    Mohamad Budi Utomo
    Mohamad Na'im
    Sumardi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran sebagai sub sistem pendidikan di era modern saat ini menekankan pada upaya mengaktifkan keterlibatan peserta didik secara mandiri melalui kegiatan pembelajaran. Fakta yang terjadi dilapangan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran belum maksimal. Berdasarkan permasalahan, model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) digunakan untuk memperbaiki rendahnya kreativitas dan hasil belajar sejarah. Permasalahan yang dikaji adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualisation) dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Jenggawah (2) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualisation) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jenggawah. Subyek yang dikaji adalah peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Jenggawah, dengan jumlah 27 peserta didik. Desain penelitian menggunakan skema model Hopkins yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kajian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tes, dan dokumentasi. Hasil kajian kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Persentase Kreativitas peserta didik pada siklus 1 sebesar 58,79%, pada siklus 2 meningkat 29,52% menjadi 76,15%, dan pada siklus 3 meningkat 9,42% menjadi 83,33%. Persentase hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif peserta didik pada siklus 1 sebesar 59,25%, pada siklus 2 meningkat 31,25% menjadi 77,77%, dan pada siklus 3 meningkat 14,28% menjadi 88,88%. Berdasarkan kajian diatas dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualisation) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajr peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Jenggawah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76141
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository