• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    MOCHAMMAD SURYADI AIRLANGGA.odt (272.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Mochammad Suryadi Airlangga
    Imam Muchtar
    Sihono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan pada tema “cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan adalah cara membelajarkan siswa dengan menghadirkan suatu materi dalam dunia cerita secara berkelompok menggunakan boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 61% yang dikriteriakan cukup aktif dan meningkat menjadi 66% yang dikriteriakn cukup aktif pada siklus I dan 84% yang dikriteriakan aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59 yang dikriteriakan kurang dan meningkat menjadi 68 yang dikriteriakan sedang/cukup pada siklus I dan 82 yang dikriteriakan sangat baik pada siklus II. Hasil belajar afektif pada tahap prasiklus sebesar 59 yang dikriteriakan kurang dan meningkat menjadi 65 yang dikriteriakan sedang/cukup pada siklus I dan 79 yang dikriteriakan baik pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik pada tahap prasiklus sebesar 74 yang dikriteriakan baik dan meningkat menjadi 75 yang dikriteriakan baik pada siklus I dan 83 yang dikriteriakan sangat baik pada siklus II
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76140
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository