Show simple item record

dc.contributor.advisorDian Kurniati
dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.authorM. Agung Krisna W.
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorDian Kurniati
dc.date.accessioned2016-08-10T00:58:21Z
dc.date.available2016-08-10T00:58:21Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76138
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ) dengan teknik Mind Mapping. Model pembelajaran CORE merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme yaitu siswa harus dapat menkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan lingkungan. Teknik Mind Mapping merupakan teknik mencatat yang dapat mempermudah siswa untuk menyimpan informasi yang diperoleh dalam bentuk catatan yang kreatif dan efektif. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji mengalami peningkatan. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4,55%. Ketuntasan belajar dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,63%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel Pembelajaran CORE, Aktivitas Belajar, Hasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) dengan Teknik Mind Mapping untuk Meningktakan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 3 Panji Tahun Ajaran 2013/2014en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record