dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ) dengan teknik Mind Mapping. Model pembelajaran CORE merupakan salah satu model pembelajaran yang berlandaskan konstruktivisme yaitu siswa harus dapat menkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan lingkungan. Teknik Mind Mapping merupakan teknik mencatat yang dapat mempermudah siswa untuk menyimpan informasi yang diperoleh dalam bentuk catatan yang kreatif dan efektif. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji mengalami peningkatan. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 4,55%. Ketuntasan belajar dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,63%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ) dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 3 Panji. | en_US |