Show simple item record

dc.contributor.advisorLATHIF, Misno A.
dc.contributor.advisorKHUTOBAH
dc.contributor.authorWAHYUDI, Ayu Clarasaty Putri
dc.date.accessioned2016-08-09T04:09:54Z
dc.date.available2016-08-09T04:09:54Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.nimNIM120210205097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76089
dc.description.abstractBerdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2) Meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Bisa ditarik kesimpulan bahwa penelitian menunjukkan kegiatan bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Nilai ratarata pada pra siklus 60,8, siklus I pertemuan 1 67,5, siklus I pertemuan II 74,3, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210205097;
dc.subjectKETERAMPILAN SOSIALen_US
dc.subjectBERMAIN PERANen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN DI TK DHARMA INDRIA 1 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record