• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI BERMAIN PERAN DI TK DHARMA INDRIA 1 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Ayu Clarasaty Putri Wahyudi - 120210205097-1.pdf (1.888Mb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    WAHYUDI, Ayu Clarasaty Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2) Meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Bisa ditarik kesimpulan bahwa penelitian menunjukkan kegiatan bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Nilai ratarata pada pra siklus 60,8, siklus I pertemuan 1 67,5, siklus I pertemuan II 74,3, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,5.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76089
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository