• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN IPA DENGAN TOPIK ENERGI ALTERNATIF BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERSAMA ALAM UNTUK SISWA KELAS 4 DI SDN PAKIS 3, JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Amrul Oktri Yova - 110210204082-1.pdf (2.376Mb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    YOVA, Amrul Oktri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil pengembangan materi pembelajaran IPA dengan topik energi alternatif berorientasi pada pembelajaran bersama alam untuk kelas IV SD, terdiri dari RPP dan buku siswa. RPP dan buku siswa tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) Valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP dan buku siswa), karena koefisien validitasnya >60%, dan hasil validitas berturut – turut adalah 84% dan 86%. Selain itu, dari uji reliabilitas perangkat pembelajaran dapat dikatan reliabel dengan koefisien korelasi sebesar 0.769 lebih besar dari koefisien tabel 0.754 dengan taraf signifikansi 5%. b) Praktis, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diamati oleh dua observer dengan rerata sebesar 84%, (2) analisis angket respon siswa yang menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon positif adalah 96% siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan mudah untuk belajar dengan menggunakan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran bersama alam. c) Efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) hasil ketuntasan belajar siswa yang menunjukkan 85,7% siswa yang mengikuti uji coba telah mencapai nilai minimal 60. (2) Uji t – test yang menunjukkan hasil yang signifikan dengan tempirik 6,454 > ttabel 3,707 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 6, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (3) Uji keefektifan relatif yang menunjukkan nilai persentase sebesar 81,6% dengan kategori keefektifan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berorientasi pada pembelajaran bersama alam memiliki efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dari proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi pada pembelajaran bersama alam, maka dapat disimpulkan RPP dan buku siswa layak digunakan oleh guru dan siswa kelas IV SD, mudah digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Saran yang dapat dituliskan pada penelitian ini adalah sebagai bahan masukan untuk membuat dan mengembangkan materi pembelajaran IPA berorientasi pada pembelajaran bersama alam untuk materi pelajaran yang lainnya bagi guru maupun peneliti lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76063
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository