PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN IPA DENGAN TOPIK ENERGI ALTERNATIF BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERSAMA ALAM UNTUK SISWA KELAS 4 DI SDN PAKIS 3, JEMBER
Abstract
Hasil pengembangan materi pembelajaran IPA dengan topik energi alternatif
berorientasi pada pembelajaran bersama alam untuk kelas IV SD, terdiri dari RPP dan
buku siswa. RPP dan buku siswa tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi
tiga kriteria yaitu:
a) Valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP dan buku
siswa), karena koefisien validitasnya >60%, dan hasil validitas berturut – turut
adalah 84% dan 86%. Selain itu, dari uji reliabilitas perangkat pembelajaran
dapat dikatan reliabel dengan koefisien korelasi sebesar 0.769 lebih besar dari
koefisien tabel 0.754 dengan taraf signifikansi 5%.
b) Praktis, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas siswa dalam
pembelajaran yang diamati oleh dua observer dengan rerata sebesar 84%, (2)
analisis angket respon siswa yang menunjukkan bahwa persentase siswa yang
memberikan respon positif adalah 96% siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa
merasa senang dan mudah untuk belajar dengan menggunakan pembelajaran
yang berorientasi pada pembelajaran bersama alam.
c) Efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) hasil ketuntasan belajar siswa yang
menunjukkan 85,7% siswa yang mengikuti uji coba telah mencapai nilai minimal
60. (2) Uji t – test yang menunjukkan hasil yang signifikan dengan tempirik 6,454
> ttabel 3,707 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 6, sehingga H1
diterima dan H0 ditolak. (3) Uji keefektifan relatif yang menunjukkan nilai
persentase sebesar 81,6% dengan kategori keefektifan tinggi. Hal ini
menunjukkan bahwa pembelajaran berorientasi pada pembelajaran bersama alam
memiliki efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan.
Dari proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi
pada pembelajaran bersama alam, maka dapat disimpulkan RPP dan buku siswa layak
digunakan oleh guru dan siswa kelas IV SD, mudah digunakan oleh guru dalam proses
pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
diharapkan. Saran yang dapat dituliskan pada penelitian ini adalah sebagai bahan
masukan untuk membuat dan mengembangkan materi pembelajaran IPA berorientasi
pada pembelajaran bersama alam untuk materi pelajaran yang lainnya bagi guru
maupun peneliti lanjut.