PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KOMPETENSI DASAR MENGELOLA KONFLIK KELAS X TKJ A SMK NURIS JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang tepat dan menarik sangat diperlukan
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model tersebut dapat menjadi perantara antara
guru dan siswa serta mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan observasi awal di kelas X TKJ A SMK Nuris Jember, keaktifan belajar
siswa selama proses pembelajaran Kewirausahaan masih sangat rendah. Selain itu,
hasil belajar siswa juga belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Metode yang
digunakan dalam proses pembelajaran Kewirausahaan kelas X TKJ masih sederhana
yakni model ceramah. Menurut guru mata pelajaran kewirausahaan, dengan metode
ceramah keaktifan siswa masih cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem
based learning pada siswa kelas X TKJ A SMK Nuris Jember