• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tindak Berbahasa dalam Interaksi Tawar-Menawar antara Penjual dan Pembeli

    Thumbnail
    View/Open
    MEGA PUTRI CAHYA.odt (251.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    Mega Putri Cahya
    Muji
    Mujiman Rus Andianto.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tindak bahasa adalah salah satu teori pragmatik yang digunakan pada penelitian ini. Tindak bahasa dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, Bahasa yang digunakan manusia dalam tindak berkomunikasi bisa secara langsung dan tidak langsung. Komunikasi secara tidak langsung bisa dikatakan berkomunikasi melalui media. Salah satu media komunikasi yang dapat menjangkau tempat jauh adalah internet yang menggunakan HP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan tindak berbahasa dalam interaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di online shop lolly sandang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data yang dilakukan terdiri atas empat proses yaitu penyeleksian data, pemeriksaan data, penglasifikasian data dan pengodean data. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian, dalam penelitian menggunakan alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang yang pertama, jenis tindak bahasa yang meliputi: 1) tindak lokusi, 2) tindak ilokusi, serta 3) tindak perlokusi. Kedua, fungsi tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang terdiri atas : fungsi kompetitif (competitive), fungsi menyenangkan (convivial), fungsi bekerja sama (collaborative), bertentangan (conflictiv). Ketiga, konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan pembeli di Lolly shop pada saat tawar-menawar, seperti dalam keadaan senang, cemas, kecewa, kesal, marah, dan peduli.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76039
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository