Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorChumi Zahroul Fitriyah
dc.contributor.authorMaylita Dwi Lailawati
dc.contributor.authorRahayu
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah
dc.date.accessioned2016-08-09T01:57:36Z
dc.date.available2016-08-09T01:57:36Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76038
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Masalah Sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopskins yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 39 terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 25 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jember. Pada pra siklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 63,23% meningkat menjadi 74,17% pada siklus I dan 82,30% pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,92% meningkat menjadi 73,10% pada siklus I dan 83,07% pada siklus II.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Gambaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di SDN Lengkong 04 Mumbulsari Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record