Tembang Gandrung Terop Banyuwangi (Kajian Etnografi)
View/ Open
Date
2016Author
Martina Puspita R.
Sukatman
Furoidatul Husniah
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak
Tembang Gandrung Terop Banyuwangi merupakan nyanyian rakyat yang dibawakan pada pertunjukan kesenian Gandrung Terop Banyuwangi. Sebagai nyanyian rakyat, tembang Gandrung Terop Banyuwangi merupakan khazanah tradisi lisan yang sarat akan nilai budaya dan pesan moral. Untuk memahami isi dan makna tembang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah wujud tembang, nilai budaya, dan fungsi tembang terhadap kehidupan masyarakat Using. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kualitatif etnografi. Data pada penelitian ini adalah 20 syair tembang yang dinyanyikan dalam pertunjukan kesenian Gandrung Terop. Sumber data berasal dari informan, dokumentasi tertulis penelitian sebelumnya dan dokumentasi non tulis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, wawancara, pengamatan, serta teknik transkripsi dan terjemahan. Untuk analisis data, yaitu: pereduksian data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tembang Gandrung Terop Banyuwangi dapat diketahui dari 3 pengelompokan menurut babak pertunjukan, jejer, paju, dan seblang-seblang. Pada babak paju, tembang dikelompokkan lagi menurut bentuk tembang, lingkungan asal tembang, dan masa penciptaan. Nilai budaya yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu (1) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan (terwujud dalam keyakinan / iman kepada Tuhan), (2) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan manusia lain (terwujud dalam sikap cinta tanah air, kebijaksanaan, dan bertanggung jawab), (3) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan diri sendiri (terwujud dalam sikap berani). Fungsi tembang Gandrung Terop Banyuwangi yang ditemukan (1) sebagai media komunikasi masyarakat Using, (2) sebagai pembangkit semangat, (3) sebagai alat pendidikan, (4) sebagai pengontrol norma, dan (5) sebagai sarana rekreatif.
Collections
- SRA-Education [1352]