• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DISERTAI METODE MENCONGAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) KELAS VII DI SMP AL-MALIKI SUKODONO - LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Nurkhasanah -1.pdf (3.516Mb)
    Date
    2016-08-08
    Author
    NURKHASANAH, Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lemahnya proses pembelajaran merupakan salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Fisika merupakan salah satu kajian bidang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang pada hakikatnya pembelajaran fisika bersifat proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Penguasaan sains tidak cukup hanya diperoleh dengan cara belajar dari buku atau hanya sekedar mendengarkan penjelasan dari pihak lain sekalipun mereka guru maupun ahli fisika. Proses untuk menggali atau memahami konsep fisika harus dilakukan untuk menghasilkan suatu produk. Tujuan pembelajaran fisika di sekolah menengah secara umum adalah memberikan bekal pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreativitas dan sikap ilmiah. Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru. Oleh karena itu penggunaan model atau strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran dan materi yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendidikan sains yaitu dengan menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) disertai metode mencongak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji perbedaan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) disertai metode mencongak dengan pembelajaran konvensional dan 2) Mengkaji aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) disertai metode mencongak Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan randomized posttest only control group desaign. Penelitian ini ditentukan melalui metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Maliki Sukodono-Lumajang dengan menggunakan metode purposive sampling area. Untuk menentukan sampel tingkatan kelas yang akan dipilih menggunakan metode cluster random sampling. Sebelum menentukan sampel kelas, dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu terhadap populasi dari kelas VII. Data hasil belajar siswa diukur melalui pemberian post test sedangkan aktivitas siswa diperoleh melalui observasi. Selain itu dibutuhkan wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung. Metode analisis untuk menguji hipotesis penelitian pada hasil belajar siswa, menggunakan uji independent sample ttest berbantuan SPSS. Berdasarkan analisis uji t menggunakan nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi 0.05, diperoleh nilai Sig.(2 tailed) 0.004. Sesuai kriteria pengujian, karena nilai Sig. kurang dari 0.05, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing disertai metode mencongak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa selama pembelajaran juga tergolong aktif yaitu sebesar 74.58% Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) disertai metode mencongak dengan model konvensional pada kelas VII SMP Al-Maliki Sukodono-Lumajang tahun ajaran 2015/2016 dan 2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) disertai metode mencongak baik dimana aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76019
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository