Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Ervin
dc.contributor.authorHARDILA
dc.date.accessioned2016-08-08T04:11:16Z
dc.date.available2016-08-08T04:11:16Z
dc.date.issued2016-08-08
dc.identifier.nim120210101063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75969
dc.description.abstractHudojo (dalam Siswono, 2002:45) menyatakan, “dalam proses belajar matematika terjadi proses berpikir”. Geometri mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika yang lain, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa materi geometri kurang dikuasai oleh sebagian besar siswa (Kusniati, 2011:3). Penelitian yang dilakukan Burger & Shaughnessy (dalam Muhassanah, dkk., 2014:57) menyatakan bahwa level berpikir siswa SMP sebagian besar berada pada level (0) visualisasi dan level (1) analisis. Tujuan penelitian untuk menganalisis proses berpikir siswa level visualisasi dan siswa level analisis dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru sehingga dapat menentukan pembelajaran yang tepat bagi siswanya. Pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara di kelas 7H SMP Negeri 3 Jember yang berjumlah 36 siswa dengan memberikan tes kemampuan berpikir siswa dalam geometri untuk menentukan subjek penelitian yakni diperoleh 24 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 11 siswa level visualisasi dan 13 siswa level analisis. Selanjutnya siswa level visualisasi dan siswa level analisis diberi tes segitiga dan segiempat dan wawancara untuk mengetahui proses berpikirnya dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat perkembangan berpikir geometri menurut van Hiele dari 36 siswa didapatkan 5 siswa atau 14% pada level pravisualisasi, 13 siswa atau 36% pada level (0) visualisasi, 11 siswa atau 31% pada level (1) analisis, dan 7 siswa atau 19% pada level (2) deduksi informal. Dari analisis data hasil tes dan wawancara serta pembahasan proses berpikir siswa menurut Piageten_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectLevel Visualisasien_US
dc.subjectLevel Analisisen_US
dc.subjectSegitigaen_US
dc.subjectSegiempaten_US
dc.titlePROSES BERPIKIR SISWA LEVEL VISUALISASI DAN SISWA LEVEL ANALISIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPATen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record