• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSES BERPIKIR SISWA LEVEL VISUALISASI DAN SISWA LEVEL ANALISIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

    Thumbnail
    View/Open
    Hardilla -1.pdf (686.2Kb)
    Date
    2016-08-08
    Author
    HARDILA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hudojo (dalam Siswono, 2002:45) menyatakan, “dalam proses belajar matematika terjadi proses berpikir”. Geometri mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika yang lain, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa materi geometri kurang dikuasai oleh sebagian besar siswa (Kusniati, 2011:3). Penelitian yang dilakukan Burger & Shaughnessy (dalam Muhassanah, dkk., 2014:57) menyatakan bahwa level berpikir siswa SMP sebagian besar berada pada level (0) visualisasi dan level (1) analisis. Tujuan penelitian untuk menganalisis proses berpikir siswa level visualisasi dan siswa level analisis dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan referensi kepada guru sehingga dapat menentukan pembelajaran yang tepat bagi siswanya. Pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara di kelas 7H SMP Negeri 3 Jember yang berjumlah 36 siswa dengan memberikan tes kemampuan berpikir siswa dalam geometri untuk menentukan subjek penelitian yakni diperoleh 24 siswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 11 siswa level visualisasi dan 13 siswa level analisis. Selanjutnya siswa level visualisasi dan siswa level analisis diberi tes segitiga dan segiempat dan wawancara untuk mengetahui proses berpikirnya dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat perkembangan berpikir geometri menurut van Hiele dari 36 siswa didapatkan 5 siswa atau 14% pada level pravisualisasi, 13 siswa atau 36% pada level (0) visualisasi, 11 siswa atau 31% pada level (1) analisis, dan 7 siswa atau 19% pada level (2) deduksi informal. Dari analisis data hasil tes dan wawancara serta pembahasan proses berpikir siswa menurut Piaget
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75969
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository