dc.description.abstract | Buah naga atau dragon fruit memang belum lama dikenal, dibudidayakan, dan
diusahakan di Indonesia. Tanaman dengan buahnya berwarna merah dan bersisik hijau ini
merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian di Indonesia dan merupakan salah satu
peluang usaha yang menjanjikan dan pengembangan tanaman buah naga sangat bagus
dibudidayakan di daerah tropis seperti di Indonesia. Prospek buah naga di pasar domestik
cukup baik karena penggemarnya berangsur-angsur meningkat. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: (1) trend produksi dan prospek pengembangan komoditas buah naga
di Kabupaten Jember, (2) efisiensi pemasaran komoditas buah naga di Kabupaten Jember,
(3) strategi pemasaran komoditas buah naga di Kabupaten Jember. Metode penelitian
adalah dengan analisis deskriptif dan analitis, pengambilan contoh secara Dispropotioned
Random Sampling. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan petani berdasarkan
kuisioner, data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Alat analisis yang digunakan
adalah trend dengan metode kuadrat terkecil (Least Square Method), analisis SWOT,
efisiensi pemasaran dan marjin pemasaran, strategi bauran pemasaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Trend Produksi buah naga cenderung meningkat, (2) Usahatani
buah naga memiliki peluang pasar yang prospektif, (3) Saluran pemasaran buah naga
adalah efisien, (4) Strategi pemasaran buah naga di Kabupaten Jember menggunakan
strategi bauran pemasaran yaitu dengan menjaga kualitas buah naga yang dihasilkan agar
konsumen dapat terus membelinya, memperluas daerah pemasaran di daerah perkotaan,
bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan promosi, dan menetapkan harga jual
pada kisaran harga Rp. 14.000,00 sampai Rp. 20.000,00. | en_US |