dc.description.abstract | Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh
keberhasilan kegiatan belajar disekolah. Daya serap siswa yang kurang pada mata
pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnyahasil belajar siswa. Tinggi
rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara
lain: metode pembelajaran yang digunakan guru dikelas cenderung monoton dan
kurang menarik; penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga
siswa kurang memahami pelajaran IPS.
Pembelajaran dengan menggunakan media gambar adalah pembelajaran
yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan
pembelajaran karena dengan media gambar siswa dapat melihat benda benda
konkritnya, sehinnga akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang
diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tegalgede 01 jember. Subyek
penelitian yaitu di kelas IV dengan jumlah 33 siswa. Desain yang dipakai dalam
penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian
tindakan yaitu meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data data
yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan dua siklus, hasil yang diperoleh dalam penelitian
ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan
pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I
persentase keaktifan siswa sebesar 39,39%, dan hasil belajar siswa sebesar
36,37%. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan
persentase keaktifan siswa sebesar 74,74% sedangkan hasil belajar siswa dengan
persentase sebesar 78,79%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan
media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
pokok bahasanteknologi produksi, komunikasi, dan tranportasi pada kelas IV SD
Negeri Tegalgede 01 Jember Tahun ajaran 2011/2012. | en_US |