• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASANTEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, TRANSPORTASI DENGAN MEDIA GAMBAR SEMESTER 02 DI SDN NEGERI TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    soni siswantoro skripsi_1.pdf (3.276Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SONI SISWANTORO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar disekolah. Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnyahasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang digunakan guru dikelas cenderung monoton dan kurang menarik; penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga siswa kurang memahami pelajaran IPS. Pembelajaran dengan menggunakan media gambar adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran karena dengan media gambar siswa dapat melihat benda benda konkritnya, sehinnga akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tegalgede 01 jember. Subyek penelitian yaitu di kelas IV dengan jumlah 33 siswa. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian tindakan yaitu meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 39,39%, dan hasil belajar siswa sebesar 36,37%. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase keaktifan siswa sebesar 74,74% sedangkan hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 78,79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasanteknologi produksi, komunikasi, dan tranportasi pada kelas IV SD Negeri Tegalgede 01 Jember Tahun ajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository