Show simple item record

dc.contributor.advisorNanik Yuliati
dc.contributor.advisorRahayu.
dc.contributor.authorJeni Anastyawati
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.contributor.authorRahayu.
dc.date.accessioned2016-08-05T03:25:24Z
dc.date.available2016-08-05T03:25:24Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75811
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Tegal Besar 02 Jember berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VB SDN Tegal Besar 02 Jember berjumlah 35 sebagai kelompok eksperimen. Cara menentukan sampel penelitian ini dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes jenis objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa untuk ranah kognitif. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisisi statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar IPS antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 20,002 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 14,158. Dari perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 2,171 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = (32+35)-2= 65 adalah 1,998, sehingga thitung > ttabel (2,171>1,998). sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V di SDN Tegal Besar 02 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar IPS.en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Kenampakan Alam dan Buatan pada Siswa Kelas V di SDN Tegal Besar 02 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record