• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi di SDNU Bagorejo 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    INGGA ADITYA PRADANA.odt (269.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Ingga Aditya Pradana
    Sihono
    Khutobah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS di sekolah dasar hendaknya dapat merangsang peran aktif siswa dan memberikan pengetahuan yang kompleks kepada siswa melalui fakta, peristiwa, interaksi, dan isu-isu sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Adanya peran serta siswa sangat diperlukan dalam hal tersebut. Namun kenyataannya dalam pembelajaran yang berlangsung, siswa masih terlihat pasif. Hal ini dikarenakan kurang adanya variasi penggunaan model atau metode dalam pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV SDNU Bagorejo 01 Jember semester gasal Tahun Pelajaran 2015/2016. Pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,39 dan masuk kriteria sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,17 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,91 dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDNU Bagorejo 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75800
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository