PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETINGTERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA ROYAL HOTEL N’ LOUNGE DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
customer relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh customer
relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dan pengaruh kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Royal Hotel N’ Lounge di Jember
merupakan hotel berbintang tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode
kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Royal Hotel N’
Lounge di Jember. Metode sampel menggunakan teknik purposive sampling dan
jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 100 responden. Penelitian ini
menggunakan metode analisi data Structurural Equation Modelling (SEM).
Berdasarkan hasil analisis data model pengukuran dan model struktur untuk
penelitian ini telah memenuhi kriteria alat analisis yang digunakan, sehingga model
yang dibangun layak digunakan untuk menguji hipotesis penelitian kemudian
diperoleh hasil uji hipotesis penelitian. Penjelasan hasil penelitian ini bahwa ketiga
hipotesis yang diajukan, dapat diterima serta memberikan sebuah gambaran bahwa
customer relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan
loyalitas pelanggan, Royal Hotel N Launge. Dalam menerapkan strategi customer
relationship marketing untuk mendapatkan loyalitas pelanggan Royal Hotel N’
Lounge Jember terus membangun hubungan yang baik dengan perusahaanperusahan
yang telah menggunakan jasa Royal Hotel N Lounge Jember.