ANALISIS PERAN TOKOH JIN DALAM IKLAN DJARUM 76 VERSI “TEMAN HIDUP”
Abstract
Keterbatasan televisi dalam mengiklankan produk rokok mendorong para
pembuat iklan untuk berfikir lebih kreatif dalam mengemas iklan produk rokok.
Pengiklanan produk rokok tidak boleh menampilkan produk rokok sebagaimana
wujud dan penggunaanya. Produk rokok hanya boleh menampilkan image atau
citra dari produk. Hal tersebutlah yang menjadi landasan penelitian ini dengan
objek kajian iklan televisi Rokok Djarum 76 versi “Teman Hidup”.Masalah
penelitian ini difokuskan pada bagaimana peran tokoh Jin dalam iklan Djarum 76
versi “Teman Hidup”. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana sineas
menggambarkan tokoh Jin yang mempunyai peranan besar dalam iklan dan
melakukan analisis terhadap tanda-tanda visual yang direpresentasikan pada tokoh
Jin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan
semiotika Charles Sandres Pierce. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian ini diharapkan mampu mengungkap bagaimana peran tokoh Jin dalam iklan Djarum 76 Versi " Teman hidup"