• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Jarak, Waktu, dan Kecepatan Siswa Kelas V SDN Gebang 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    INDAH PURNANINGSIH.odt (330.5Kb)
    Date
    2016
    Author
    Indah Purnaningsih
    Titik Sugiarti
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model Problem Based Learning. Hal ini dikarenakan di SDN Gebang 01 Jember terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena guru belum pernah melibatkan siswa dalam memecahkan soal melalui penyelidikan, sehingga siswa kurang memahami konsep secara matang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 44 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas tiga pertemuan dan siklus 2 terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus 1, persentase aktivitas siswa sebesar 63,3% mengalami peningkatan sebesar 8% menjadi 71,3% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57% mengalami peningkatan sebesar 13% menjadi 70% pada siklus 2. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75697
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository