• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Diskusi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Meneladani Kepahlawanan dan Patriotisme di Kelas IV SDN Gebang 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    FINDHI PRAWITASARI.odt (259.7Kb)
    Date
    2016
    Author
    Findhi Prawitasari
    Muhtadi Irvan
    Yayuk Mardiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan metode diskusi dengan media gambar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan meneladani kepahlawanan dan patriotisme di SDN Gebang 01 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Metode diskusi merupakan sebagai salah satu metode mengajar yang lebih cocok apabila guru hendak memberikan kesempatan peserta didik untuk mengekspresikan kemampuan berpikir kritis dan mengeluarkan pendapat dari pengalamannya sendiri. Menggunakan media gambar siswa dapat memahami konsep yang semula rumit menjadi lebih mudah karena telah dikonkritkan ke dalam bentuk visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gebang 01 Jember dengan jumlah 42 siswa, terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus skor rata-rata sebesar 49,4% dengan kriteria cukup aktif, meningkat menjadi 73,6% pada siklus I dengan kriteria aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,8% dengan kriteria sangat aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65 dengan kriteria cukup baik, sedangkan pada siklus I skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 79 dengan kriteria baik, dan pada siklus II skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 87 dengan kriteria sangat baik. 
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75683
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository