dc.description.abstract | Permainan telah banyak dikembangkan dalam usaha untuk memenuhi
kebutuhan hiburan, tapi sekarang permainan telah memiliki konsep yang lebih luas dan
lebih spesifik dalam bidang tertentu seperti game for business, game for health dan
game for training. Jenis permainan seperti ini sering disebut sebagai serious game.
Permainan atau game tidak selalu identik dengan anak – anak. Serious game membawa
perubahan besar dalam pemberian makna kata “bermain”. Orang yang bermain game
khususnya permainan yang berkonsepkan manajemen, simulasi, strategi ataupun tekateki
dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap perkembangan motorik otak.
Salah satu yang menjadi bahasan menarik dalam serious game adalah simulasi bisnis
dalam bentuk training game, yaitu jenis permainan yang memberikan pengetahuan atau
melatih pemain untuk belajar menjalankan bisnis.
Pembelajaran tentang berwirausaha dan pengelolaan finansial mungkin telah
diterima dalam pendidikan formal maupun non-formal, namun pada prakteknya
mungkin tidak dapat dilakukan secara langsung karena berbagai faktor seperti biaya
dan resiko. Masalah tersebut juga terjadi pada Mahasiswa Sistem Informasi jurusan
Komputer Akuntansi Universitas Jember yang melakukan proses pembelajaran bisnis
akuntansi dalam perkuliahan yang dijalani, mereka memiliki keterbatasan proses
belajar dan waktu sehingga diperlukan cara yang berbeda untuk memberikan
pengalaman belajar yang sesuai. Kasus ini juga berlaku diluar lingkup masalah yang
akan dibahas, game dapat digunakan sebagai alternatif atau pilihan cara belajar dan memahami sesuatu | en_US |