dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), exemplar problem, Lembar Kerja Siswa (LKS) menggunakan model problem solving performance modelling pada konten uncertainty and data yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Thiagharajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi menjadi 3-D (three D model) yaitu (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan interpretasi RPP, exemplar problem, dan LKS berturut-turut adalah 0,85; 0,85 dan 0,82. Skor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat berturut-turut 3,2; 3,2; 3,3; 3,3 dengan kategori baik. Persentase aktifitas siswa masih ada dalam kriteria batas keefektifan. Aalisis data kemampuan pemecahan masalah dengan exemplar problem 94,4% siswa mengalami kenaikan level kemampuan pemecahan masalah dari level pemula hingga level pemagang dan pelaksana, reliabilitas tes menunjukkan kategori nomor 2 dan 3 sehingga reliabel. Angket respon siswa diperoleh hasil bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon positif | en_US |