STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DENGAN PEMBANDING PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KONSEP SISTEM SARAF
Abstract
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa
ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran melalui metode bermain peran
(role playing) dibandingkan pembelajaran konvensional, hal ini dapat ditunjukkan
dari hasil uji tes dimana untuk tabel = I ,66 dengan thiumg sebesar I ,7 1 untuk aspek
kognitif dan 2,40 untuk aspek afektif. Pencapaian hasil belajar kelas bermain
peran lebih baik dibandingkan kelas konvensional, hal ini ditunjukkan dari nilai
rata-rata aspek kognitif pada kelas bermain peran sebesar 82,45 ± 8,33, dan untuk
kelas konvensional sebesar 79,40 ± 9,46. Nilai rata-rata aspek afektif pada kelas
bermain peran sebesar 65,87 ± 10,93 dan untuk kelas konvensional sebesar 60,33
± 12, 12. Untuk aspek psikomotorik, nilai rata-rata pada kelas bermain peran
sebesar 69,79 ± 13,54.