Show simple item record

dc.contributor.authorWIDAWATI
dc.date.accessioned2013-07-30T02:03:53Z
dc.date.available2013-07-30T02:03:53Z
dc.date.issued2013-07-30
dc.identifier.nimNIM050210301089
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/748
dc.description.abstractEvaluasi pendidikan merupakan salah satu komponen utama yang tidak dapat dipisahkan dari rencana pendidikan, begitu pula dalam proses pembelajaran karena dengan evaluasi dapat diketahui hasil tersebut dapat ditentukan tindak lanjut yang akan dilakukan. Suatu alat evaluasi haruslah baik atau memenuhi standar, artinya dalam pembuatannya atau penyusunannya tidak sekedar membuat, harus disesuaikan dengan kualitas butir soal tersebut baik atau tidak maka harus diketahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik butir soal antara lain: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan smapel menggunakan jenis Proporsi Random Sampling, tiap kelas diambil sampel sebanyak 50% dari populasi yang ada. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 137 siswa. Objek penelitian berupa data butir-butir soal Ulangan Umum Semester Ganjil pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Negeri Jember III Tanggul Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumen yaitu daftar nama responden, kisi-kisi soal, soal-soal Ulangan Umum Semester, dan lembar jawaban siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bila dilihat dari validitas isi soal-soal Ulangan Umum Semester Ganjil kualitasnya baik untuk soal bentuk pilihan ganda. Dilihat dari segi validitas butir item terdapat 12 soal yang tidak valid, dan 28 soal valid. Dilihat dari segi reliabilitas soal bentuk pilihan ganda, soal sudah reliabel. Dilihat dari tingkat kesukaran soal pilihan ganda,terdapat 16 soal (40%) soal sukar, 21 soal (52%) soal sedang, dan 3 soal (8%) soal mudah. Dilihat dari daya pembeda soal bentuk pilihan ganda, 16 soal (40%) soal jelek, 5 soal (12,5%) soal minimum dan perlu diperbaiki, 6 soal (15%) soal cukup, dan 13 soal (32,5%) soal sangat baik. Diperlukan kemampuan yang cukup, kejelian, dan pengalaman dalam membuat soal supaya soal tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik yaitu mengukur seberapa jauh materi yang ditangkap oleh siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301089;
dc.subjectANALISIS BUTIR SOALen_US
dc.titleANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTs NEGERI JEMBER III TANGGUL TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record