Prosedur akuntansi penjualan jasa PT Telkom Kancatel Bondowoso
Abstract
Di era globalisasi sekarang ini persaingan semakin ketal. Produsen dan
konsumen bagaikan dua sisi keping uang yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain .
Dua sisi ini selalu lengket bagai perangko, apabila salah satu sisi robek maka robeklah
semuanya. Demikian juga antara produsen dan konsumen, keduanya saling
membutuhkan dan dibutuhkan. Perilaku konsumen tidak bisa didekte oleh produsen.
Disinilah letak keunikannya dalam merebut konsumen diantara para pelaku bisnis dan perusahaan manufaktur maupun jasa.
Setiap perusahaan pasti melakukan kegiatan pemasaran karena kegiatan
pemasaran merupakan sarana untuk memperkenalkan produk sekaligus untuk
memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Semakin baiknya
hubungan tersebut akan sangat membantu bagi perusahaan dalam mencapai tujuan.
Kegiatan pemasaran tidak pernah terlepas dari kegiatan penjualan dimana fungsi penjualan merupakan kegiatan vital setiap pemsahaan. Tanpa penjualan berarti
tidak ada bisnis dan ukuran yang sering digunakan untuk menilai sukses tidaknya
perusahaan dalam memperoleh keuntungan adalah dari hasil penjualan. Dari hasil
penjualan ini diharapkan dapat memperoleh keuntungan/laba. Apabila hal ini
menunjukkan penjualan yang meningkat dari waktu ke waktu maka perusahaan tersebut dapat dikatakan berhasil.