PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE SURVAI TERHADAP HASIL BELAJAR (pada sub konsep metode ilmiah siswa kelas I semester 1 di SMA negeri rambipuji tahun pelajaran 2004/2005)
Abstract
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa
ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode survai dan
pembelajaran konvensional (metode ceramah) pada ketiga aspek hasil belajar
tersebut. Nilai rata-rata aspek kognitif pada kelas metode survai sebesar 67,82 ±
6,72 dan kelas konvensional (metode cerarnah) sebesar 63,43 ± 11 ,87. Nilai ratarata
aspek afektif pada kelas metode survai sebesar 69,68 ± 10,78 dan kelas
konvensional (metode ceramah) sebesar 63,03 ± 12,79, sedangkan pada aspek
psikomotor, nilai rata-rata pada kelas metode survai sebesar 71 ,22 ± 9,60 dan pada
kelas konvensional ( metode cerarnal1) sebesar 65,12 ±9,00. Nilai efektivitas
relatif kelas metode survai yaitu sebesar 6,92% unntk aspek kognitif, 10,55%
untuk aspek afektif dan 9,3 7% untuk aspek psikomotorik.