ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA TANI MELON (Studi Kasus di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan usahatani melon, efisiensi penggunaan biaya dan kontribusi usahatani melon terhadap pendapatan keluarga petani di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini juga mempunyai tujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran usahatani melon di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive Method), yaitu di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode diskriptif dan analitik. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah metode Two Stages Cluster Sampling pada lima desa yaitu desa Kasreman, Kersoharjo, Sidorejo, Dempel dan Kresikan dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Sedangkan untuk mengetahui efisiensi pemasaran digunakan metode Snow Ball Rolling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis pendapatan, analisis R/C ratio, analisis kontribusi dan analisis efisiensi pemasaran.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]