• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI BRUNER DALAM DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI SDN CURAHNONGKO 02 TEMPUREJO- JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Insiyah 080210204027_1.pdf (419.8Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Siti Insiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan fakta di lapangan, mayoritas siswa SD tidak menyukai pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami dan disajikan dengan pembelajaran yang konvensional. Teori Bruner dalam discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran yang memperhatikan tahap belajar anak dengan cara menemukan dan mengkonstruks sendiri pengetahuan yang diperoleh. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan teori Bruner dalam discovery learning pada materi luas persegi dan persegi panjang yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012?; (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning?; (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning? Sesuai dengan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teori Bruner dalam discovery learning pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012, meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahnongko 02 Tempurejo-Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 kelas III Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 43 siswa, 22 siswa perempuan, 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 9 Mei 2011 sampai 23 Mei 2012 dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Curahnongko 02 yang meliputi aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 56,92%, pertemuan ke-2 adalah 62,46% dan siklus II pertemuan ke-1 sebesar 80,51%, pertemuan ke-2 82,39%. Presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-1 adalah 66,67%, pertemuan ke-2 adalah 77,78%, dan Siklus II pertemuan ke-1 adalah 81,48%, pertemuan ke-2 adalah 96,30%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,16% dan Siklus II sebesar 79,07%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teori Bruner dalam discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang. Dengan menerapkan teori Bruner dalam discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi luas persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes akhir siklus I dan siklus II sebesar 65,12%. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menerapkan teori Bruner dalam discovery learning sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran yang sama di dalam kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository