Pelaksanaan Desentralisasi Pendidikan terhadap Perubahan Atmosfer Akademik SMU Negeri di Kabupaten Jember
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan desentralisasi pendidikan terhadap perubahan atmosfer akademik SMUN di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Variabel penelitian ini berupa variabel bebas (Dependen variable) berupa desentralisasi atau kebijakan otonomi daerah dan variabel tergantung (Dependent variable) berupa perubahan atmosfer akademik dari periode terakhir sentralisasi yaitu tahun ajaran 1998/1999 dan 1999/2000 dan periode berlakunya desentralisasi di SMUN yaitu tahun 2000/2001 dan 2001/2002 yang ditunjukkan oleh berbagai perubahan yang terjadi di sekolah
baik aspek guru. Pengadaan sarana dan prasarana, dana penyelenggaraan pendidikan serta kualitas proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Jenjang pendidikan guru belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal karena hanya 88,89 % lulusan S1 LPTK,
(2) Sarana, prasarana maupun sumber dana mengalami peningkatan pada periode desentralisasi,
(3) Koleksi buku perpustakaan mengalami penurunan, karena penambahan buku dari pemerintah mengalami penurunan dari 82,32 % menjadi 67,5 % dari jumlah koleksi buku di masing-masing sekolah,
(4) Kelengkapan alat ada penambahan tiap tahun, namun perawatannya masih kurang,
(5) Ada penurunan minat siswa untuk untuk mendaflar di SMUN diluar kotatif.