• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IV SD NEGERI SUMBERSARI 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    SIDIQ PURWANTO - 100210274065_1.pdf (193.6Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SIDIQ PURWANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di SD pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Berdasarkan observasi peneliti di SD Negeri Sumbersari 03 Jember, ditemukan kesan dari siswa kelas IV bahwa mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu Pembelajaran kooperatif yang menekankan pada kemandirian dankerjasama kelompok adalah TAI. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) merupakan pembelajaran yang berorientasi pada sikap mandiri dan perilaku membantu diantara sesama dalam kelompok kecil heterogen untuk mendiskusikan serta memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah implementasi model Cooperative Learning dengan tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar matematika; (2) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika siswa dalam penerapan model Cooperative Learning dengan tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan setting kelas IV SD Negeri Sumbersari 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2012 sampai dengan 29 Maret 2012 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75 %, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkahlangkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II didapat rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 89,36 % yang tergolong telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah model Cooperative Learning dengan tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari 03 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7444
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository