dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menelaah proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas X SMK; (2) menelaah hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas X SMK. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tempat uji coba penelitian ini adalah SMK Negeri 5 Jember pada kelas X TPB 2 yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses dan hasil pengembangan adalah (1) proses pengembangan menggunakan model Plomp dengan 5 fase; (2) hasil pengembangan yaitu uji kevalidan dari analisis lembar validasi diperoleh koefisien validasi RPP sebesar 0,93 dan LKS sebesar 0,94 dengan interpretasi sangat valid, uji kepraktisan dari analisis aktivitas guru diperoleh persentase pada pertemua pertama dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 88,89% dan 96,29% dengan interpretasi baik dan sangat baik, dan uji keefektifan dari analisis aktivitas siswa, Tes Hasil Belajar (THB), dan analisis angket respon siswa dengan hasil efektif. Berdasarkan hasil dari pengembangan perangkat ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) telah memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. | en_US |