dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kebonsari 01 Jember melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Tema Bangga Menjadi Bangsa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SDN Kebonsari 01 Jember tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa terdiri atas 23 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kebonsari 01 Jember. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada prasiklus 52,5 menjadi 68,25 pada siklus I kemudian pada siklus II menjadi 82,5. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus yaitu 52 menjadi 71,5 pada siklus I kemudian pada siklus II menjadi 75,5. Skor rata-rata hasil belajar (penilaian pengetahuan) siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 66,96 menjadi 70,99, sedangkan dari siklus menjadi 84,1. Skor rata-rata hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) pada siklus I mengalami peningkatan dari pras siklus ke siklus I yaitu 61,12 menjadi 75, sedangkan dari siklus I ke siklus II skor rata-rata nilai siswa menurun dari 75 menjadi 74. | en_US |