• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Perbandingan dan Skala Berbasis Scientific Approach yang Berorientasi

    Thumbnail
    View/Open
    DHIKA ELVIRA MAYLISTIYANA.odt (269.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Dhika Elvira Maylistiyana
    Hobri
    Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi perbandingan dan skala berbasis Scientific Approach berorientasi Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan Plomp. Tahap-tahap yang dilalui untuk mendapatkan LKS dan RPP yang valid, praktis dan efektif antara lain, (1) tahap investigasi awal; (2) tahap perancangan; (3) tahap realisasi; (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi; (5) tahap implementasi. Materi pembelajaran yang dikembangkan adalah perbandingan dan skala. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Jenggawah. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi LKS, RPP, dan THB; instrumen observasi aktivitas guru, instrumen observasi aktivitas siswa, dan lembar angket respon siswa. Pengembangan LKS dan RPP berbasis Scientific Approach yang berorientasi Problem Based Learning mempunyai koefisien validitas sebesar 0,91 untuk RPP; 0,93 untuk LKS; dan 0,91 untuk THB. Tingkat pencapaian aktivitas guru pada pertemuan pertama hingga pertemuan keempat berturut-turut: 90,8%, 89,2%, 87,5%, dan 90% dengan kategori baik pada setiap pertemuan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama hingga pertemuan keempat berturut-turut: 81,3%, 88,5%, 89,1%, dan 91,1%, sehingga persentase aktivitas siswa pada keempat pertemuan dapat dikategorikan baik. Dari analisis data THB diperoleh data ketuntasan hasil belajar 80% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai tingkat penguasaan materi skor minimal 68. Sedangkan dari analisis angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 81% siswa yang memberi respon positif. Maka pengembangan LKS dan RPP materi perbandingan dan skala berbasis Scientific Approach yang berorientasi Problem Based Learning telah memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74376
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository