• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Pembelajaran Geometri Siswa Kelas X SMAN 1 Jember Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan

    Thumbnail
    View/Open
    DENI FIANDA.odt (252.5Kb)
    Date
    2016
    Author
    Deni Fianda
    Susi Setiawani
    Arif Fatahillah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan penalaran matematis pada pokok bahasan geometri kelas X SMAN 1 Jember antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil post-test pertama rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 51, sedangkan rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan tipe Group Investigation adalah 31,83. Kemudian untuk hasil post-test kedua rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan pembalajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 90,16, sedangkan rata-rata nilai pada kelas yang diajar menggunakan tipe Group Investigation adalah 58,5. Perbedaan yang terjadi diakui karena pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tiap sub materi atau bahan ajar dijelaskan oleh teman sebaya sehingga jika ada yang tidak dimengerti langsung ditanyakan kepada siswa ahli, sedangkan pada pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation tiap sub materi dipresentasikan di depan kelas. Hal tersebut memungkinkan beberapa siswa tidak memiliki kesempatan bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti karena keterbatasan waktu, atau hanya malu untuk bertanya dikarenakan pembelajaran diawasi langsung oleh pemberi materi dalam hal ini peneliti. Oleh karena itu pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan kesempatan yang lebih baik dalam memahami materi dan membentuk kemampuan penalaran matematis dimana hal tersebut juga ditunjang oleh siswa di hampir semua indikator kemampuan penalaran matematis menunjukkan nilai yang lebih baik pada siswa yang menerima pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74318
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository