Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar masih banyak dilakukan secara konvensional. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa dipaksa hanya mengingat berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh untuk menghubungkan dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dipilih suatu model pembelajaran Quantum Teaching yang mampu mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, suasana kondusif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.0. Hasil analisis dengan uji-t diperolehdengan tingkat keefektifan relatif 65,85%. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa >yaitu 5,727 > 1,994, dengan demikian hipotesis nihilyang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]