Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian telivisi merek LG (Studi kasus pada konsumen telivisi merek LG di kelurahan Blindungan kecamatan Bondowoso periode bulan Januari-Maret 2004)
Abstract
Keputusan membeli oleh konsumen sangat tergantung pada jenis produk,
tingkat harga, lokasi dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh bauran
pemasaran terhadap keputusan pembelian televisi merk LG dan
mengetahui variabel bauran pemasaran yang dominan pengaruhnya
terhadap keputusan pembelian televisi merk LG (studi kasus pada
Konsumen Televisi Merk LG di Kelurahan Blindungan Kecamatan
Bondowoso periode bulan Januari - Maret 2004). Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penentuan daerah
penelitian secara purposive area. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket, wawancara, . observasi dan dokumentasi.
Metode analisis data adalah analisis regresi berganda, uji F dan Uji t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) mempunyai pengaruh secara simultan
terhadap keputusan pembelian televisi LG. Hal ini. Hal ini dibuktikan
dari hasil perhitungan uji simultan dengan menggunakan uji F dimana F
hitung lebih dari F tabel (16,341 > 2,65) dengan signifikansi 0,00. koefisien
determinasi (R Square) sebesar 0,685 yang berarti variabel produk, harga,
tempat dan promosi secara bersama-sama/simultan mempengaruhi
keputusan pembelian televisi merk LG sebesar 68,5 %. Hasil analisis uji t
dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah
sebagai berikut; produk (X1) : t hitung > t tabel (6,042 > 2,042) dengan a =
0,05) signifikansi 0,000. harga (X2) : t hitung > t tabel (2,250 > 2,042)
dengan a = 0,032) signifikansi 0,000. tempat (X3) : t hitung > t tabel (3,431
> 2,042) dengan a = 0,002) signifikansi 0,000. promosi (Xi) : t hitung > t tabel (3,438 > 2,042) dengan a= 0,02) signifikansi 0,000