Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Think Pair Square Talkball Share (TPSTS) dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Biologi (Siswa Kelas VIID SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model TPSTS pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIID SMPN 10 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes. Hasil yang didapat dari penerapan pendekatan saintifik dengan model TPSTS adalah terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dan hasil belajar siswa. Pada prasiklus keterampilan pemecahan masalah 11,1% meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7%. Untuk aspek kognitif dari prasiklus 19,44% menjadi 75% pada siklus I, meningkat menjadi 94,4% pada siklus II dan aspek afektif sebesar 71,2% meningkat menjadi 88,63% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pendekatan saintifik dengan model TPSTS dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa
Collections
- SRA-Education [1352]