• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Slawu III Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    BERNIKA ULINNUHA FAJRIN.odt (277.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    Bernika Ulinnuha Fajrin
    Singgih Bektiarso
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Slawu III, hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu pada pokok bahasan daur hidup hewan guru telah menggunakan media nyata berupa ulat, namun motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah, hal ini terlihat siswa tidak mengamati, tidak mencatat proses daur hidup hewan dan pengamatan gagal karena hewan yang diamati mati. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 36 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan pendektan kontekstual dengan media video ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 dan siklus II terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Slawu III mengalami peningkatan setelah menerapkan pendekatan kotekstual dengan media video. Pada Siklus 1 Persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 60,28% meningkat menjadi 77,15%  pada siklus 2. terdapat kenaikan motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 16,87%. Presentase hasil belajar secara klasikal sebesar 67% temasuk dalam kriteria cukup, sehingga peneliti melakukan refleksi untuk kegiatan siklus2. Pada siklus 2 presentase hasil belajar secara klasikal sebesar 83,67% termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 16,67%. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan media video pada pokok bahasan daur hidup hewan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slawu III Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74279
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository