dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tataran kesalahan berbahasa dalam surat dinas di SMA Negeri Kunir Lumajang dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan berbahasa dalam surat dinas di SMA Negeri Kunir Lumajang. Kesalahan berbahasa tersebut dapat dicegah dengan berbagai solusi alternatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan bidang penelitian analisis kesalahan berbahasa. Data yang digunakan berupa surat dinas SMA Negeri Kunir Lumajang sejumlah 25 surat dan data lisan hasil wawancara dengan informan yang ditranskripsikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang terdapat dalam surat dinas di SMA Negeri Kunir Lumajang terdiri dari tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa, yaitu: (1) pegawai administrasi kurang memahami penulisan surat dinas dan Ejaan Yang Disempurnakan serta kurang mengikuti pelatihan penulisan surat dinas; dan (2) sikap berbahasa yang kurang baik. Solusi alternatif yang dapat dilakukan adalah meningkatkan sikap berbahasa yang baik, meningkatkan etos kerja, mengikuti pelatihan penulisan surat dinas, dan meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Indonesia. Kesimpulan yang didapat, yaitu: (1) kesalahan berbahasa dalam surat dinas di SMA Negeri Kunir Lumajang terdiri dari tataran fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana. Faktor penyebab kesalahan berbahasa berkaitan dengan faktor kompetensi dan performansi. Solusi alternatif yang dapat dilakukan adalah meningkatkan sikap berbahasa supaya menjadi lebih baik. | en_US |