• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan Media Kokami untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang Tahun Ajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    ANITA MAYDIAH RAHMAWATI.odt (270.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Anita Maydiah Rahmawati
    Singgih Bektiarso
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Mojo 3 Kabupaten Lumajang menunjukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru sudah menerapkan pembelajaran kooperatif, namun masih kurang maksimal. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami pada materi sumber daya alam? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami pada materi sumber daya alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojo 3 Lumajang pada pembelajaran materi sumber daya alam dengan menerapkan metode diskusi buzz group berbantuan media kokami sudah baik dan meningkat pada setiap siklus. Peningkatan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa dari prasiklus sebesar 68% meningkat menjadi 78% pada siklus I dan sama-sama masuk dalam kriteria cukup aktif, kemudian meningkat lagi menjadi 83% pada siklus II dan masuk dalam kriteria aktif. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 68 dengan kategori cukup meningkat menjadi 76 pada siklus I dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 82 dengan kategori sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74262
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository